Selasa, 20 Mei 2014

kebiasaan buruk yang dapat merusak otak

Ternyata kebiasaaan kita yang di anggap sepele malah bisa jadi bumerang buat diri kita sendiri, seperti kebiasaan yang tanpa kita sadari ternyata bisa merusak bagian terpenting dalam tubuh kita yaitu O to the Tak (Otak), ini dia kebiasaan yang mungkin sering kalian lakukan:

  1. Tidak mau sarapan. Banyak orang menyepelekan sarapan, padahal tidak mengkonsumsi makanan di pagi hari menyebabkan turunnya kadar gula dalam darah. hal ini berakibat pada kurangnya masukan nutrisi pada otak yang akhirnya berakhir pada kemunduran otak.

  2. Kebanyakan makan. Terlalu banyak makan juga dapat mengeraskan bembuluh darah otak yang biasanya menuntun kita pada menurunya kekutan mental.

  3. Merokok. Merokok ternyata berakibat sangat mengerikan pada otak kita. Bayangkan, otak kita bisa menyusut dan akhirnya kehilangan fungsi-fungsinya. Tak heran diwaktu tua perokok rawan Alzheimer.

  4. Terlalu banyak mengonsumsi gula. terlalu banyak asupan gula akan menghalangi penyerapan protein dan gizi sehingga tubuh kekurangan nutrisi dan perkembangan otak terganggu.

  5. Polusi udara. Otak adalah bagian tubuh yang paling banyak menyerap udara. Terlalu lama berada di lingkungan dengan udara berpolusi membuat kerja otak tidak efesien.

  6. kurang tisur. memberikan kesempatan untuk beristirahat, sering melalaikan tidur membuat sel-sel otak justru mati kelelahan.

  7. Menutup kapala ketika sedang tidur. Tidur dengan kepala yang di tutupi merupakan kebiasaan buruk yang paling berbahaya karena karbondioksida yang diproduksi selama tidur terkonsentrasi sehingga otak tercemar. Jangan heran kalo lama-lama otak menjadi rusak.

  8. Berfikir keras ketika sedang sakit. Bekerja keras atau belajar yang berlebihan ketika tubuh sedang tidak fit juga memperparah ketidakefektifan otak.

  9. Kurang stimulasi otak. Berfikir adalah cara terbaik untuk melatih kerja otak. Kurang berfikir justru membuat otak menyusut dan akhirnya tidak berfungsi maksimal.

  10. Jarang bicara. Percakapan intelektual biasanya membawa efek bagus pada kerja otak, yang penting jangan berlebihan (bicara terus-menerus tanpa henti).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar